Friday, January 13, 2012

tipuan undian atas nama telkom

Hari ini saya dihubungi oleh seorang wanita yang mengaku dari kantor telkom cabang sepanjang melalui telepon rumah saya. wanita ini menyebutkan bahwa semalam pukul 23.00 di trans ada acara Gebyar Telkom yang mengadakan pengundian hadiah. Serta menanyakan apakah saya melihat acara tersebut? Dan saya jawab tidak. wanita ini memberikan informasi bahwa telepon rumah saya mendapatkan hadiah. untuk memastikannya saya disuruh menghubungi nomor telepon Telkom pusat di Jakarta dengan nomor 021-50363062. karena merasa sedikit curiga, saya bertanya "apakah ada bukti bahwa saya menjadi pemenang undian ini? Seperti alamat website atau saya cek di kantor telkom?" si wanita menawab "oo tidak ada, telkom tidak mencantumkan di media apapun kecuali di acara semalam".

karena saya penasaran, langsung saja saya hubungi nomor yang diberikan. langsung saja saya disambut suara laki-laki dengan menyebutkan brand telkom disela-sela omongannya, kemudian si laki-laki ini berkata untuk tidak menutup telepon karena akan disambungkan langsung dengan Drs. H Zulkarnain. beberapa detik kemudian, si Drs H Zulkarnain yang berbicara. dan saya ceritakan bahwa saya mendapat telepon dari wanita yang memberi tahu saya bahwa saya menang undian. dengan nada yang sangat gembira, si bapak ini menyuruh saya untuk menyebutkan nomor telepon rumah saya untuk di cek apakah benar saya salah satu pemenang undian semalam. tidak sampai 1 menit, si bapak ini bilang kalo saya dapet mobil kijang toyota (merek mobil apa ini kok dicampur-campur). karena omongan orang ini beruntut kayak kereta api dengan 500 gerbong saya cuma bisa ngedengerin dan sedikit bengong selama beberapa detik saking cepetnya dia ngomong. 

si bapak ini bilang, pengambilan hadiah bisa ada dua jalan. jalan yang pertama dengan mengambil sendiri di kantor pusat jakarta dan yang kedua dengan dilakukan pengiriman. saya udah tergiur nih ama ni hadiah, langsung aja saya bilang kalo dikirim gimana? beliau jawab kalo dikirim harus memberikan laporan pertanggungjawaban sementara dengan mengirimkan uang sebesar Rp 3.750.000 dengan rincian Rp 1.900.000 untuk STNK dan Rp 1.850.000 untuk BPKB dan juga jangan lupa menyimpan slip pembayaran untuk bukti otentik bahwa saya pemenangnya dan dia juga meminta identitas sesuai KTP saya. wah uda mulai mencurigakan pembicaraan ini, tapi saya biarin aja biar dia nyerocoss. dia bilang kalo paling lambat jam 4 sore mobil uda ada di rumah saya dan dengan nada yang sedikit memaksa uang harus cepat-cepat ditransfer ke rekening bendahara bagian keuangan samsat. si bapak ini menyebutkan kalo telkom membuka 4 rekening di bank BRI, BNI, Mandiri dan BCA. trus saya minta transfer ke BRI aja, dan beliau ngasi no rek atas nama Rido Setiawan norek: 14210100106503 cabang KK Cipete Jakarta. huruf KK menunjukkan Kas Keuangan. 

dia bilang juga kalo nanti ketika hadiah sampai akan ada tiga rombongan, ada notaris, trans tv yang akan melakukan peliputan dan yang ketiga saya ga denger dia ngomong apa. beliau tanya, saya dirumah dengan siapa. dan kebetulan cuma ada saya dan asisten rumah tangga. jika saya bersedia bekerja sama untuk memberikan kejutan hadiah ini pada keluarga saya maka saya akan mendapat kesempatan tambahan hadiah senilai 55 juta yang nantinya dicairkan di bank terdekat dengan adanya pengawalan. 

si bapak ini tanya "kapan  mau transfer uangnya?"  "sekitar 1 sampai 2 jam mungkin" eh dianya protes kenapa saya ngirimnya lama amet. (gelagat mencurigakan). kebetulan jam 11 waktu itu, saya jawab "kalo sebentar lagi bank mau jam istirahat." "memangnya jarak bank dengan rumah anda kira-kira berapa menit?" "ya 15menit lah" "yasudah anda transfernya ya kira-kira sebelum jam setengah 12, sebelum jam istirahat bank. jadi kami bisa mengirim hadiah anda lebih cepat. jadi nanti mobil akan dikirim dengan pesawat hercules boeing 7759."

saya bilang, "ini kebetulan saya ga ada uang segitu buat transfer", dia bilang "yauda bohong saja untuk meminta uangnya. kan nanti untuk kejutan." 
saya tanya sama si bapak apakah saya bisa membuktikan kalo saya ini emang beneran pemenangnya? di jawab " mana mungkin saya bohong, saya ini pakai kain putih di atas kepala saya yang selalu saya pakai setiap hari, saya ini haji." "oo.. maaf, jabatan anda sebagai apa ya?" "saya sebagai direktur utama"
widiih ni orang berani banget
si bapak bilang "kalau sudah mentransfer uang, hubungi nomor pribadi saya 085397351669".

setelah pembicaraan di telepon selesai, saya langsung eraih hape dan browsing mengenai kejadian yang baru saja saya alami. dan ternyata banyak yag sudah tertipu dengan kedok yang sama. 

ini sekedar pengalaman saya hari ini untuk sekedar memberi info pada teman-teman. jadi hati-hati terhadap segala bentuk penipuan.
:)

1 comment:

  1. Buset sama barusan gw di tlp bicaranya sama kayanya emang ada SOPnya( Standar Operasional procedure ) kale yah polisi mana nich,,kenapa gak di grebek aja dan di bekukan no rek tersebut.......

    ReplyDelete

Labels

absurd (13) charity action (1) cooking (1) crafting (6) curhatan (17) fashion show (2) flower brooch (4) Giveaway (10) happy (3) hijab (3) holiday (3) islam (3) JHC (1) kain perca (4) Label (1) lecture (1) penting (8) Quote diary (4) room (1) skripsi (2) travelling (3) Tutorial (1)