Wednesday, June 30, 2010

negeri van orange

abis ngelarin baca negeri van orange, pikiranku jadi ngayal banget. berharap bisa juga ngalamin kejadian kayak yang dialamin ama wicak, lintang, geri, daus dan banjar. mahasiswa yang ngejar thesis di belanda. dalam novel itu kita diajakin buat berkelana keliling eropa. ngerasain winter sampe summer. tiap musimnya ada keunikan tersendiri. mulai dari winter yang sensasi dinginnya bikin orang-orang betah gak mandi berhari-hari. ato musim semi yang mendekati summer dengan melihat pameran bunga tulip. dengan kendaraan transportasi yang cepat dan praktis yang bisa nganterin kita kemana-mana. kereta jawabannya. tapi jangan harap kereta yang numngguin kita, malah kita yang harus nurut sama jadwal kereta yang ada di belanda. kayaknya bukan cuma belanda, eropa tepatnya.gak kayak indonesia yang biasanya (kadang memang) terlambat. berkelana mulai dari den haag, wageningen, leiden hingga rotterdam. menyusuri gedung-gedung tua yang megah dan berarsitektur modern yang kontras dengan bangunan lama bergaya khas eropa dengan gayanya yang tinggi menjulang dan jendela lebarnya yang khas. jadi pengen banget buat keliling eropa. tapi sebelumnya aku mau keliling negaraku dulu. malu dong kalo uda nyasar di negeri orang lain tapi gak kenal sama negara sendiri.

Labels