Tuesday, September 27, 2011

KONSER GIGI

tadi siang, aku jadi pasien di klinik konservasi (nama kerennya klinik konser, bukan berarti banyak alat band disana. klinik ini untuk menambal gigi) dengan kasus karies black kelas 3. jadi di bagian midline ada karies dikedua sisi mesial insisiv-ku. langkah awal pas diagnosa sih biasa aja, diketok ketok, dikasi chlor ethyil yang dingin luar biasa, sama rangsangan panas dr bunsen jgn mikir mulut aku mangap diatas api bunses ya)

selanjutnya yang dilakukan si operator adalah melakukan preparasi. gigi ane dibur..
awalnya ya linu dikit, eh lama-lama kavitasnya ternyata ga segede yang dibayangin si operator. sudah mencapai dentin sodara-sodara. tau kan kalo di dentin itu ada tubulus dentin yang bisa menyalurkan rangsangan ke pulpa. alamaaaaaaaaak! luar biasa sakitnya. oiya, sebelum dilakukan preparasi mukosa lingualku diisolasi pake cotton roll. selama proses pengeburan si pasien harus mengontrol salivanya dengan saliva ejector. jadi area kerja tetep kering dan operator ga terganggu. 
setelah dibur, diperbesar kavitasnya, mulailah si operator minta tolong temennya buat jadi asisten ngaduk-ngaduk bubuk GI. 

bagian ini nih yang uda lumayan enak soalnya uda ga pake dibur lagi. pas si operator -nambal- naruh bahan di area itu, taunya kurang masuk. dan si bahan keburu setting, entah itu ga tau gimana caranya si operator ngambilnya, dicungkil-cungkil ampe jungkir balik. karena masih ada sisa, alhasil cara terakhir dibur-lah lagi itu gigi sayaa.. 

dan alhamdulillah akhirnya dilakukan lagi hal yang sama, tapi belum dipoles. sekarag masi berasa kasar-kasar ngeganjel. 

aku buka mulut selama kurang lebih satu setengah jam. betapa keringnya rongga mulut ini.

makanya jangan disepelein kesehatan gigi dan mulut. jaga baik-baik selagi masih normal, kalo uda a normal atau uda kena penyakit cepat-cepat diatasi. :)


gendud: tong, aku abis ditambal
gentong: makanya jangan main ditempat yang banyak pakunya ndud, makanya jadi kempes. ditambal kan jadinya.
 

Tuesday, September 20, 2011

ngerokok? ga gaul deh

Temen-temen uda tau kan gimana bahaya rokok buat kesehatan diri kita sendiri maupun orang lain. Emang sih notabene semua bungkus rokok uda nyantumin efek yang ditimbulkan karena mengkonsumsi rokok. tapi, menurut konsumen rokok menyatakan kalo uda kecipratan ya sekalian aja nyemplung. kayak kita makan nasi, orang jawa aja kalo sehari belum makan nasi bukan makan namanya.

temen aku bilang kalo ngilangin kebiasaan ngerokok itu susah banget. kayak udah mendarah daging. oke sekarang efeknya apa sih yang ditimbulkan dari rokok. dari sisi estetika dimana gigimu akan menjadi kuning. kenapa bisa kuning? karena eh karena rokok punya bahan yang nama kerennya tar.

Tar dalam asap rokok juga memperbesar peluang terjadinya radang gusi, yaitu penyakit gusi yang paling sering terjadi disebabkan oleh plak bakteri dan factor lain yang dapat menyebabkan bertumpuknya plak di sekitar gusi. Tar dapat diendapkan pada permukaan gigi dan akar gigi sehingga permukaan ini menjadi kasar dan mempermudah perlekatan plak. (http://kesehatangigi.blogspot.com)

Bahaya rokok pada gigi munculnya berlahan-lahan. Mulai muncul perubahan pada gigi (warna kecoklatan), gusi dan jaringan di sekitar mulut. Jadi, pada saat rokok dihisap otomatis melalui rongga mulut maka asap rokok yang berjuta-juta mengandung zat kimia berada dan mengumpul di dalam rongga mulut kemudian dengan waktu yang lama maka akan menimbulkan perubahan-perubahan buruk.
Asap panas yang dihasilkan dari hisapan rokok dapat mempengaruhi aliran pembuluh darah pada gusi. Perubahan aliran darah mengakibatkan penurunan air ludah (saliva) yang berada di dalam rongga mulut, ketika air ludah mengalami penurunan otomatis mulut cenderung kering dan ketika mulut cenderung kering maka rentan untuk munculnya karies.
Nikotin, dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah di gusi sehingga mudah sekali timbul penyakit gusi seperti peradangan pada gusi. Beberapa hal yang tampak pada perokok adalah bau mulut yang sangat mengganggu, timbul plak, timbul warna-warna yang melekat pada gigi yang sulit dibersihkan dengan sikat gigi. (http://mtafm.com)





klik aja gambarnya biar jelas
kalo kita ngerokok, secara ga langsung kita memasukkan berbagai macam racun dalam tubuh kita. 
oh  no! 
apa jadinya sistem dalam tubuh kita kalo dimasuki zat-zat yang tidak dikehendaki. tubuh kita punya tentara yang selalu siaga untuk memantau tubuh kita. apabila ada musuh masuk, tentara-tentara itu akan berparang untuk mempertahankan tubuh kita. tapi kalo kalah yaa siap-siap aja dapet hadiah penyakit dari mereka. 

kayaknya ga perlu aku sebutin penyakit apa yang bisa diderita sama perokok, uda pada tau semua kan?

tapi, kerugian yang timbul akibat kebiasaan merokok pada kesehatan gigi dan mulut:
1. Perubahan warna gigi, gusi dan bibir.
2. Karies pada gigi akan semakin cepat terbentuk.
3. Kemungkinan kanker pada jaringan mulut sangat besar.
4. Bau nafas jelas beraroma rokok.
5. Berubahnya jaringan" dalam rongga mulut yang menyebabkan berbagai dampak negatif terhadap kesehatan mulut itu sendiri seperti pemicu terbantuknya karies
. (http://kesehatangigi.blogspot.com)


karies itu gigi berlubang, nah gigi berlubang ini diawali dengan adanya pembentukan plak. di dalam plak banyak terkandung bakteri-bakteri yang bisa melubangi gigi kita. ga kebayang kalo bakteri-bakteri itu bawa cangkul.

gimana cara ngilangin plak? jawabannya ga ada cara ngilangin plak.
lhah trus?
plak selalu terbentuk setiap waktu, meskipun abis sikat gigi beberapa menit setelahnya akan terbentuk plak lagi. jadi yang harus kita lakukan adalah mengontrol pembentukan plak. caranya dengan menggosok gigi secara teratur 2 kali sehari :) dan tentunya mengurangi kebiasaan merokok atau bahkan berhenti mengkonsumsi rokok



Saturday, September 10, 2011

Hidup

"Kehidupan ini sulit ya.. Tapi, kalau nggak mau sulit ya jangan hidup."

-Ani Nur Rosidah-

Labels